mouse

Rabu, 14 Oktober 2015

Pendiri OS Android Bakal Kembali ke Bisnis Smartphone Android

Andy Rubin adalah seorang yang membuat sistem operasi Android yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Rubin pun sempat menjadi orang teratas dalam brand Android yang kemudian digantikan oleh Sundar Pichai pada tahun 2013. Semenjak itu Rubin kemudian memutuskan hengkang dari Google dan merintis usaha barunya.

Andy Rubin (Kredit: droid-life)
Andy Rubin (Kredit: droid-life)

Seperti yang diwartakan  The Verge, Kamis (3/12/2015), Rubin dikabarkan akan kembali ke bisnis smartphone. Namun bedanya kali ini ia tidak akan bekerja pada software lagi, namun lebih ke manufaktur pembuatan ponselnya saja. Smartphone buatannya juga akan tetap menjalankan sistem operasi Android.
Rubin sendiri baru-baru ini dikabarkan sedang tengah merekrut karyawan yang bakal bekerja pada perusahaan barunya itu. Namun belum jelas, apakah Rubin akan memimpin perusahaan baru yang akan ia dirikan itu, atau hanya akan sebagai pemasok dana saja.
Seperti yang telah diketahui, semenjak keluar dari Google, Rubin mendirikan sebuah perusahaan bernama Playground Found yang merupakan inkubator bagi startup. Hingga saat ini pun, perusahaan yang ia dirikan berhasil meraup dana hingga $300.000.000.
Semenjak menjalin hubungan yang baik dengan Redpoint Venture, ia memang dikenal aktif berperan dalam aktivitas penggalangan dana. Meski lebih sering menggelontorkan dananya pada bidang kecerdasan buatan dan inisiatif rumah pintar, namun Rubin dikabarkan tertarik menggaparap smartphone papan atas seperti iPhone besutan Apple.
Sangat menarik bila pendiri Android ini juga ingin membuat smartphone baru dengan tetap menjalankan sistem operasi yang ia buat sendiri sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar